December 20, 2015

Catper Ciremai 2013

Gunung Ceremai/ciremai 3084 mdpl

Menjelang libur agustus 2013 gw dapat pesan di fb dari seorang teman yaitu Petrus"Key masa agustus ga kemana-mana nanjak yuk gw udah komunikasi sama si Agung" pembicaraan terus berlanjut sambil mulai menghubungi teman-teman lain hasilnya rata-rata lagi sibuk tidak bisa ikut mendaki.
Berhubung cuma bertiga maka kami memutuskan untuk naik gunung dekat Jakarta saja pilihan jatuh untuk gunung Ceremai atapnya provinsi jawabarat. 14 agustus sore mulailah ngumpulin semua peralatan , logistik buat pendakian malam nya iseng-iseng gw buka fb eh ada kang Dani posting di wall nya bahwa dia mau naik Ceremai besok, nah cocok neh batin gw langsung aja kontak kang dani ternyata kang Dani juga bertiga.(mereka Kang Dani,Abuy,Daandi tiga-tiganya asli warga gunung Ceremai)

Hari ke 1 : 15/8/2013 Jakarta-Kuningan-Pos perizinan-pos Cigowong-pos Arban
Pagi sekali 15 Agustus tanpa babibu Petrus,Agung ,Gw langsung naik bus Luragung dari kampung rambutan menuju Kuningan seperti biasa lalulintas macet memperlama waktu tempuh alhasil baru nyampe diCiredang sekitar jam 13:00 wib kami bertiga memutuskan istirahat makan,sholat dll disebuah warung sambil nunggu kang Dani cs, lagi asik makan hp berbunyi kang Dani serta Daandi udah nyampe di Cirendang, langsung menuju tempat kami makan.

Jam 14:00 kami mulai bergerak kerumah kang Abuy naik mobil kang Dani, setelah kang Abuy alias pak guru Abuy (Beliau memang seorang kepala sekolah) bergabung di mobil lengkaplah kami berenam menuju pos perizinan jalur Palutungan.
Kurang jam 15:00 kami nyampe di pos perizinan setelah menitipkan mobil dirumah saudara kang Abuy dekat pos , perjalanan kami lanjutkan menuju Cigowong (pos 1) Jalan setapak berbeton kasar menyambut kami disela-sela rumah warga berujung persawahan jauh didepan sana terlihat deretan pepohonan seakan penanda batas perkebunan warga dan hutan.

Garang sekali matahari sore itu membuat kondisi gw drop tubuh berasa terbakar pandangan agak blurr menurut teman-teman muka gw pucat sekali kami memutuskan untuk istirahat dibawah sebatang pohon, gw udah tau akan kondisi gw segera membuka baju dobel langsung ganti celana dengan pendek setelah suhu tubuh normal trus mengisi ulang cairan tubuh dengan minuman rehidrasi baik.

Jam 16:00 setelah gw kembali stabil perjalanan kami lanjutkan carrier gw pindah ke Petrus daypack petrus pindah ke gw(dari jakarta kami hanya memang membawa 2 carrier 1daypack) lanjut berjalan setapak demi setapak persis sebelum magrib kami sampai di pos 1 Cigowong. Pos ini adalah pos Air satu-satunya dijalur palutungan, disini istirahat,ngopi,sholat magrib,dll
Pos Cigowong
Setelah magrib kembali mengisi penuh semua botol,tempat air kami mengingat sekarang musim panas jadi kemungkinan sumber air di goa walet negative. masing-masing membawa 4botol air dimana tiap botol 1,5liter jadi setipa orang 6liter air didalam tas plus botol minum masing-masing tergantung dibadan, berat? ya iya tapi ada strategi untuk mengatasi. (strategi air kami : disetiap pos atau tempat strategis kami sembunyikan 1 botol nanti akan digunakan waktu turun).

Cahaya flash light memandu menyusuri jalur dengan tujuan pos Arban ,Kondisi gw sudah 100% fit carrier kembali ke gw seperti semula, Langkah pelan berseling canda tawa... malam semakin larut sampilah kami di Pos Arban sekitar jam 22:00 kami memutuskan untuk camp, ritual lagi deh ada yang sholat,masak,makan,ngopi ngobrol sana sini sambil bakar cigar hehehe indah nya suasana akrab diepan perapian... kalau pendaki pasti tau rasanya bahagia seperti ...tak bisa ditulis oleh kata.!!!

Subuh menjelang setelah lelap semalaman satu persatu mulai bangun mempersiapkan segalanya termasuk sarapan , seperti biasa gw selalu bangun terakhir hehehe setelah sarapan pagi packing dimulai....

Hari ke 2 : 16/8/2013 pos Arban-Goa walet
Jam 08:00 perlahan langkah mulai berayun meninggalkan pos Arban pelan namun menyenangkan setiap tanjakan kami lewati dalam canda kekonyolan segera disambung gelak tawa terbahak...bahkan tanjakan Asoy seolah menjadi tanjakan cihuy...hahaha setelah lama berjalan pas waktu istirahat siang kami adakan samping dijalur, ya makan sholat dll.. langsung lanjut lagi karna barang bawaan semakin ringan langkah agak bertambah cepat karena sejak tadi disetiap tempat strategis dalam jarak tertentu kami menyembunyikan sebotol air 1,5liter.

Jam 15:30 Vegetasi kami lewati mulai jarang tidak ada lagi kanopi hutan melindungi kiri kanan sudah terlihat tumbuhan perdu,edelweis/anaplish javanica, Jarum jam ditangan Agung meunjukan pukul 16:00 kami sudah berada didataran atas bagian depan Goa walet. Hangat matahari sore condong kebarat pemandangan lautan awan terlihat sangat indah seolah kami berada dilobby surga dimana awan tersebut jalanan menuju kesana hahaha lebay tapi sumpah beneran indah.

Dalam menit berikutnya mulai turun kedepan mulut goa setelah mempertimbangkan lokasi aman tenda berdiri... kalau sudah ada tenda artinya makan dan segala macam,.. tapi kali ini tidak ngopi-ngopi didepan tenda, Area ngopi pindah kedataran diatas Goa walet, Kapan lagi ada dataran indah,samudra awan putih dengan bentangan sempurna perlahan-lahan berubah menjadi orange cerah karena sunset, Terpukau meski sudah sering melihat sunset dari ketinggian tapi satu ini berbeda... Amazing Ajaib...!!!
Depan Goa walet
Samudra awan Ceremai
Agung entah kenapa mendadak ikut rombongan yang hendak kepuncak sore itu entah mau modus entah apa jelas nya dia pamit pada kami mau ngeliat sunset dari puncak sendirian hehehehe sukses jadi Agung dalam pendakian kali ini muncak 2kali sore juga besok paginya bersama kami....Malam datang kami masih asik ngobrol-ngobrol diepan atas goa termasuk dengan pendaki lain yang baru datang bergabung.. takterasa kopipun sudah habis seirama kuota makanan hari ini ,kantuk datang satu persatu mulai masuk tenda trus tidur sambil tersenyum.... hahay

Hari ke 3 : 17/8/2013 pos Goa walet-Puncak-Kuningan
Usai sholat subuh ,sarapan kilat kami bergerak menuju puncak Ceremai sekitar waktu berlalu kaki kami akhirnya menapak dipuncak Ceremai sunrise serta lautan awan menyambut indahnya pemandangan dari tempat kaki berpijak pagi itu... setelah cukup menikmati pemandangan pagi semakin terasa, Berhubung sekarang tanggal 17 Agustus mulai lah memperingati detik-detik proklamasi diteruskan upacara pengibaran bendera Merah putih. MERDEKA

Selesai selebrasi HUT RI kami bersantai sejenak dipuncak, kompor pun berbicara masak kopi sambil menyantap makanan cerita mengalir diselangi canda tawa penuh keakraban antara kami termasuk beberapa pendaki lain bertransformasi menjadi teman baru... moment-moment seperti inilah selalu bikin kangen untuk lagi-lagi naik gunung.
Puncak Ceremai
Jam 10:30 Matahari semakin naik kami bergerak kembali ke Goa walet istirahat siang berlanjut ditenda hingga selesai zuhur packing dimulai untuk persiapan turun kembali menuju pos Registrasi.........
Pergerakan turun lebih cepat masalah air kami tak mengalami karena setiap beberapa titik kami selalu mendapat air segar simpanan kemaren kami sembunyikan, Tak jarang selama turun harus berbagi air dengan beberapa pendaki lain yang tidak lagi memiliki stok air.(Strategi air ternyata sangat ampuh tak hanya bermamfaat bagi kami tapi juga teman-teman pendaki lain)

Jam 16:30 setelah mengambil mobil dekat pos registrasi kami berhenti sejenak ditempat Kang Abuy disini mulai mandi bersih-bersih setelah semua selesai, mobil mulai bergerak perlahan menuju jalan raya Cirendang tepat didepan warung kemaren-kemaren kami berpisah 3orang tetap di kuningan 3orang kembali menaiki bus menuju Jakarta. Sedihnya perpisahan bercampur bahagia mendapat berbagai pengalaman ,teman baru,semua serba luar biasa.

Kami :(Kang Dani,Kang Daandi,Pak guru Abuy,Petrus,Agung,Gw)

My POV (Point Of View)
Samudra awan diceremai saat musim panas sangat indah.

Video catper :
Wiki link : https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Ceremai
Rimbaraya Nyatadimaya we do green...